Jumat, 07 Januari 2011

PROGRAM KERJA

Program adalah kumpulan kegiatan sebagai pelaksana strategi yang telah digariskan dalam mencapai tujuan dan sasaran. Program LDP MITRAKO JATIM meliputi :

 1. Melakukan sosialisasi dan Promosi.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pihak akan arti pentingnya Mengikuti Diklat Kompetensi dalam memperoleh sertifikasi kompetensi yang telah diatur dalam ketentuan dan peraturan pemerintah tentang sertifikasi kompetensi. Disamping itu ia juga untuk memperkenalkan keberadaan LDP MITRAKO JATIM sebagai lembaga penyelenggara DIKLAT yang berbasis Kompetensi yang kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP – KJK yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP . Kegiatan yang dikembangkan dalam program ini antara lain :

Ø Penyelenggaraan berbagai forum komunikasi dan koordinasi khususnya melalui jaringan kerja sama antar koperasi di kab./kota di Jawa Timur maupun dengan pihak lain
Ø Pengembangan Sistem Informasi melalui mitra jaringan, Website dan media komunikasi  lainnya
Ø  Penyelenggaraan Kompetisi Kompetensi
Ø Pemberian Penghargaan terhadap peserta Diklat Kompetensi

2. Pemantapan dan Pengembangan Standarisasi Pendidikan dan Pelatihan dalam Kelembagaan LDP – KJK MITRAKO JATIM

Program ini bertujan untuk menyiapkan pranata sistem standarisasi pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi, terutama yang bersifat perangkat lunak. Kegiatannya antara lain :

Ø Penyusunan Pedoman dan Prosedur Standarisasi Diklat yang berbasis Kompetensi
Ø Penyusunan Pedoman dan Prosedur Standarisasi Diklat yang berbasis Kompetensi
Ø Pemantapan SKKNI
Ø Pembakuan SKKNI
Ø Pembakuan Standar Fasilitator
Ø Kajian SKKNI

3. Pemantapan Pelaksanaan dan Pengembangan Lembaga Diklat Profesi Mitrako Jatim

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas dan kredibilitas LDP agar dapat menjadi lembaga pelaksana Pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi yang akuntabel. Kegiatan dikembangkan antara lain:

Ø Pedoman dan Prosedur LDP/TUK
Ø Pendidikan dan Pelatihan berbasis Kompetensi
Ø Perluasan Jaringan TUK di kab/kota di Jawa Timur
Ø Pengembangan Manajemen LDP
Ø Penyelenggaraan LDP

 4. Pengendalian Pelaksanaan Lembaga Diklat Profesi

Program ini bertujuan untuk mengendalikan pelaksanaan tentang materi  Diklat yang harus disesuaikan dengan standart Kompetensi yang telah diatur dengan standart SKKNI sebagai bahan uji Kompetensi dalam mendapatkan sertifikasi kompetensi dari LSP, serta penerapan tentang system dan metode pendidikan oleh fasilitator LDP agar tidak keluar dari ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Hal ini penting dilakukan agar materi diklat Profesi yang diberikan oleh lembaga diklat profesi betul-betul menjamin mutu kompetensi sesuai dengan SKKNI. Kegiatan yang dikembangkan antara lain :

Ø Pedoman dan Prosedur serta metode pengajaran Diklat yang berbasis  kompetensi yang sesuai dengan standart SKKNI
Ø Pengembangan Materi Uji Kompetensi
Ø Monitoring dan Evaluasi
Ø Pengawasan dan Penegakan Disiplin

5. Pengembangan dan perluasan Jaringan Kerjasama

Tujuan program ini memperluas dan meningkatkan kerjasama antara LDP MITRAKO JATIM dengan lembaga dan instansi lain yang berkaitan dengan standarisasi dan sertifikasi kompetensi serta pendidikan dan pelatihan profesi, baik dalam lingkup regional maupun Nasional. Hal ini penting dilakukan untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada secara sinergik. Adapun kegiatan ini antara lain :

Ø Harmonisasi Regulasi 
Ø Sinkronisasi Program Perkuatan kelembagaan LDP dan LSP
Ø Pengembangan data base dan sarana komunikasi melalui website

6. Pengembangan Sistem Manajemen LDP

 Pengembangan ini bertujuan untuk menjamin bahwa sistem pendidikan dan pelatihan yang berbasis Kompetensi yang diterapkan dan dilaksanakan oleh Lembaga Diklat Profesi sesuai dengan standart yang telah diatur dalam SKKNI dan system pendidikan yang diterapkan diharapkan dapat dijaminan mutunya. Setiap aspek dan prosesnya selalu terkendali mutunya. Dalam rangka ini kegiatan yang dilakukan antara lain :

Ø Pengembangan Pedoman Organisasi, Tata Kerja Kode Etik dan Tata Tertib
Ø Pengembagan tentang Sistem dan Prosedur Pendidikan yang berbasis kompetens
Ø Pengembangan SDM LDP
Ø Pengembangan Sarana dan Prasarana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar